Analisis Pemanfaatan E-Resources oleh Mahasiswa Pascasarjana IAIN Salatiga
Abstract
Abstract
In accordance with the National Education System Law of 2003 Number 20 paragraph 3. Higher education has the task of carrying out education, research and community service or what is commonly known as the Tri Dharma of Education. Higher education libraries have an information function, namely facilitating access to students and the academic community to obtain information to support the Tri Dharma of Higher Education. Libraries are responsible for compiling collections or information, both printed and non-printed (digital). Non-print access is required because of the habit of reading digital documents. The digital sources served by the IAIN Salatiga library currently are electronic journals including The MIT Press, JStor, and Emerald Insight, while the IAIN Salatiga library e-books subscribes to Ebscohost and Pustabiblia. This research examines the use of e-resources by IAIN Salatiga postgraduate students. The use of e-resources referred to in this study refers to the Techonology Acceptance Model (TAM) theory developed by Davis (1986). This research is a quantitative study with a correlation approach. The research instrument used in this study was a questionnaire. There are 3 tests, the first has no effect, namely information literacy on the ease of use of e-resources. Two other tests show an effect. First, information literacy has an effect on perceived usefulness or perceptions of the usefulness of e-resources. It can be concluded that students who have information literacy perceive that e-resources from the IAIN Salatiga Library are useful. Second, information literacy affects actual to use or direct use of e-resources. IAIN Salatiga students who have information literacy skills will use the e-resources subscribed to by the IAIN Salatiga Library.
Abstrak
Sesuai Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 Nomor 20 ayat 3. Perguruan tinggi mempunyai tugas menjalankan Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau yang biasa dengan istilah Tri Dharma Pendidikan. Perpustakaan perguruan inggi memiliki fungsi informasi yaitu memfasilitasi akses mahasiswa maupun civitas akademika untuk memperoleh informasi guna menunjang Tri Dharma Perguruan tinggi. Perpustakaan bertanggung jawab untuk menghimpun koleksi atau informasi baik berbentuk cetak maupun non cetak (digital). Akses non-cetak diperlukan karena adanya pola kebiasaan membaca dokumen digital. sumber digital yang dilayankan oleh perpustakaan IAIN Salatiga saat ini adalah jurnal elektronik diantaranya The MIT Press, JStor, dan Emerald Insight, sedangkan untuk e-book perpustakaan IAIN Salatiga melanggan Ebscohost dan Pustabiblia Penelitian ini mengkaji mengenai pemanfaatan e-resources oleh mahasiswa pascasarjana IAIN Salatiga. Pemanfaatan e-resources yang dimaksudkan dalam penelitian ini mengacu teori Techonology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis (1986). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Instrumen penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Terdapat 3 pengujian, pertama tidak memiliki pengaruh yaitu literasi informasi terhadap kemudahan penggunaan e-resources. Dua pengujian lainnya menunjukkan adanya pengaruh. Pertama, literasi informasi berpengaruh terhadap perceived of usefulness atau persepsi mengenai kegunaan / manfaat e-resources. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang memiliki literasi informasi berpersepsi bahwa e-resources dari Perspustakaan IAIN Salatiga bermanfaat. Kedua, literasi informasi berpengaruh terhadap actual to use atau penggunaan e-resources secara langsung. Mahasiswa IAIN Salatiga yang memiliki kemampuan literasi informasi akan menggunakan e-resources yang dilanggan Perpustakaan IAIN Salatiga.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Katabalwa, Anajoyce Samuel. 2016. “Use of electronic journal resources by postgraduate students at the University of Dar es Salaam”, dalam Library Review Vol. 65 No. 6/7, 2016 pp. 445-460.
Muhson, Ali. 2016. Teknik Analisis Kuantitatif. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdfdiakses pada 13 Agustus 2020
Nusantari, Dwi Dian. 2012. Analisis pemanfaatan jurnal online Science Direct di Perpustakaan IPB (Studi kasus pada mahasiswa pascasarjana S2 IPB). https://www.researchgate.net/publication/304015081_Analisis_pemanfaatan_jurnal_online_Sciencedirect_di_Perpustakaan_IPB_Sudi_Kasus_pada_Mahasiswa_Pascasarjana_IPB
Sevilla C., et.al. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI Press.
Sholihah, Kurnia. 2016. “Analisis Literasi Digital: Studi Pemanfaatan Jurnal E-lektronik oleh Mahasiswa Magister Manajemen di Perpustakaan UKSW Salatiga”. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyo-Basuki. 2004. Pengantar Dokumentasi. Bandung: Rekayasa Sains.
------------. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Susiati, Anastasia Tri. 2011. “Pemanfaatan Jurnal Elektronik di Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta” dalam Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. VII no. 1 2011, p. 18-24.
Wirartha, I Made. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi.
Igbaria, Magid, et al. “A Motivational Model of Microcomputer Usage.” Journal of Management Information Systems, vol. 13, no. 1, 1996, pp. 127–143. JSTOR, www.jstor.org/stable/40398206.Accessed 18 Aug. 2020.
Davis, Fred D. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.” MIS Quarterly, vol. 13, no. 3, 1989, pp. 319–340. JSTOR, www.jstor.org/stable/249008.Accessed 18 Aug. 2020.
Sung Youl Park.“An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students' Behavioral Intention to Use e-Learning.” Journal of Educational Technology & Society, vol. 12, no. 3, 2009, pp. 150–162. JSTOR, www.jstor.org/stable/jeductechsoci.12.3.150.Accessed 18 Aug. 2020.
SURYANTO, Suryanto. PERANCANGAN REPOSITORY SEKOLAH DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 5 MAGELANG. Publication Library and Information Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 30-36, nov. 2017. ISSN 2598-7852. Available at: . Date accessed: 07 dec. 2020. doi:http://dx.doi.org/10.24269/pls.v1i2.694.
Venkatesh, Viswanath, and Fred D. Davis. “A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies.” Management Science, vol. 46, no. 2, 2000, pp. 186–204. JSTOR, www.jstor.org/stable/2634758.Accessed 18 Aug. 2020.
https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasi-informasi-dan-literasi-digital/
DOI: https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v4i2.307-324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020
===========================================================================
Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga
Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo,
Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433
===========================================================================
Technical Support:Email : wiji.suwarno@gmail.com
Phone : +62 819-1433-5525