Pola Information Flows pada Evaluasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Heni Kartika, Wiji Suwarno

Abstract


Abstract

 

This writing takes the theme of the online learning process which is motivated by the Covid-19 pandemic situation by taking one of a series of learning processes, namely the learning evaluation process, where learning does not take place normally as usual. This results in changes in the delivery of information within the scope of learning which must be adapted to situations that cannot have a face-to-face, cannot gather in one room, and cannot interact directly with each other, but material information must continue with complete learning targets ). Therefore, this research is interesting to do because it aims to reveal patterns of information flows in learning activities during the Covid-19 pandemic. This research uses qualitative research with a phenomenological approach. This research took a research locus at MI Ma'arif Mangunsari, Salatiga City. Informants taken in this study were teachers, school principals and parents of students who were taken randomly. The results of this study indicate that first, the implementation of Mangunsari online learning in Salatiga City runs well without significant obstacles due to good planning in terms of teacher competence, materials, facilities and parental involvement, as well as the accuracy of selecting the facilities and infrastructure used in online learning. Second, the process of information flow in online learning forms a triangular pattern between teacher parents and students with the flow of information from teacher to parent through online media, parents to students offline, students to parents, then parents to teachers.

 

 

Abstrak

 

Penulisan ini mengambil tema proses pembelajaran online yang dilatar belakangi oleh situasi pandemi Covid-19 dengan mengambil salah satu rangkaian proses pembelajaran yaitu proses evaluasi pembelajaran, dimana pembelajaran tidak berlangsung normal seperti biasanya. Hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan penyampaian informasi dalam ruang lingkup pembelajaran yang harus disesuaikan dengan situasi tidak dapat bertatap muka, tidak dapat berkumpul dalam satu ruangan, dan tidak dapat saling berinteraksi secara langsung, namun informasi materi harus dilanjutkan dengan menyelesaikan target pembelajaran). Oleh karena itu, penelitian ini menarik untuk dilakukan karena bertujuan untuk mengungkap pola arus informasi dalam kegiatan pembelajaran pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini mengambil lokus penelitian di  MI Ma’arif Mangunsari Kota Salatiga. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan orang tua siswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pembelajaran online Mangunsari di Kota Salatiga berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti dikarenakan perencanaan yang baik dari segi kompetensi guru, materi, fasilitas dan keterlibatan orang tua, serta ketepatan pemilihan fasilitas dan infrastruktur yang digunakan dalam pembelajaran online. Kedua, proses arus informasi dalam pembelajaran online membentuk pola segitiga antara orang tua guru dan siswa dengan arus informasi dari guru ke orang tua melalui media online, orang tua ke siswa secara offline, siswa ke orang tua, kemudian orang tua ke guru.

 


Keywords


Information flows, online learning, mastery learning.

Full Text:

PDF

References


“Arti Kata Internet - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” Accessed May 22, 2020. https://kbbi.web.id/internet.

Bloom, Benjamin S. “The 2 Sigma Problem: The Search for Methods of Group Instruction as Effective as One-to-One Tutoring.” Educational Researcher 13, no. 6 (1984): 4–16.

Cox Jr, William F., and Thomas G. Dunn. “Mastery Learning: A Psychological Trap?” Educational Psychologist 14, no. 1 (1979): 24–29.

Husien, Latifah. Profesi Keguruan: Menjadi guru profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2017.

Jamaluddin, Dindin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, and Epa Paujiah. “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi.” LP2M, 2020.

Mulyasa, Enco. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Pendasmen, Dirjen. Standar Kompetensi Guru SLB, SD, SMP, SMU. Jakarta: Kemendikbud, 2013.

Riadi, Akhmad. “Problematika Sistem Evaluasi Pembelajaran.” ITTIHAD 15, no. 27 (2017).

Rimbarizki, Rimbun. “Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar.” J+ PLUS UNESA 6, no. 2 (2017).

Suyono, and Hariyanto. Belajar Dan Pembelajaran: Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: Rodsa Karya, 2014.

Syarifudin, Albitar Septian. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5, no. 1 (2020): 31–34.




DOI: https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v4i2.209-224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020



===========================================================================

Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo,
Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433

 

===========================================================================

Technical Support:

Email   : wiji.suwarno@gmail.com

Phone  : +62 819-1433-5525

 

View My Stats

Free counters!