Strategi Promosi E-Commerce Toko Buku Togamas dalam Masyarakat Virtual

Handiawan Angling Prayuda, Sri Rohyanti Zulaikha

Abstract


­

Abstract


E-commerce is the most popular method or means to buy and sell today. One of the products sold is the book. Togamas as distributor selling book responds to the phenomenon by creating a website to facilitate the online buying process. The problem formulation in this study is how the strategy of promoting e-commerce Togamas bookstore in a virtual society. The purpose of this writing is to describe the e-commerce promotional strategy of the Togamas bookstore. The research methods used are qualitative descriptive. The collection of data used is observation on the website of Togamas bookstore. The analysis knife used in this research is data reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. The result of this writing is Togamas bookstore is able to membranding itself in accordance with the tag line sure Ori (original), definite discount, warranty, and free is very attached to the Togamas bookstore. The implications given online bookstores against virtual communities or especially consumers at online bookstores bring many implications that are positive value i.e. ease of transaction, share knowledge and selective buying. But there are some things that have to be repaired. For example, the use of ratings or reviews contained in Togamas websites does not work properly.

 

 

Abstrak


E-Commerce merupakan metode atau sarana promosi jual beli paling populer saat ini. Salah satu produk yang dijual adalah buku. Togamas sebagai distributor penjualan buku merespon fenomena tersebut dengan membuat website guna mempermudah proses jual-beli secara online. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi e-commerce toko buku togamas dalam masyarakat virtual. Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan strategi promosi e-commerce toko buku togamas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pada website toko buku togamas. Pisau analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penulisan ini yakni toko buku togamas mampu membranding dirinya sesuai dengan tag line pasti ori (original), pasti diskon, bergaransi, dan gratis sangat melekat pada toko buku togamas. Implikasi yang diberikan toko buku online terhadap masyarakat virtual atau khususnya konsumen pada toko buku online membawa banyak implikasi yang bernilai positif yaitu kemudahan transaksi, share knowledge dan selektif membeli. Namun ada beberapa hal yang memang harus diperbaiki. Sebagai contoh misalnya, penggunaan rating atau ulasan yang terdapat dalam website togamas tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

 


Keywords


e-commerce; togamas, strategy; virtual society

References


APJII. “Laporan Survei Penetrasi & Profil Pengguna Internet Indosesia Tahun 2018.” https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018. Diakses tanggal 11 November 2019 pukul 17:31 WIB.

Ghony, M. Djunaedi dan Fauzan Almansur. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Mohd Fawzy A B, Sharuddin S H, Rajagderan S, Wan Zulkifly W Z, “E-commerce adoption and an analysis of the popular e-commerce business sites in Malaysia”, Journal of Internet Banking and Commerce. aOttawa. Vol. 23, No. 1. Apr 2018.

Nugroho, Adi Sulistyo. E-Commerce: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Ekuilibra, 2016.

Open Text Corp, EDI Basics: How Successful Businesses connect, communicate, and collaborate, around the word, (opentext, 2017).

Peattie K. “The Marketing Mix in The Third Age of Computing.” Emerald, Volume 15, Issue 3. https://doi.org/10.1108/02634509710165948. Diakses tanggal 20 April 2019.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Renaningtyas, Luri. Ruang Virtual dan Ruang Realitas. Universitas Kristen Petra, Desain Komunikasi Visual 2013.

Retnowati, Novita. “Pengaruh E-Wom (Electronic Word of Mouth) Pada Situs Social Commerce Terhadap Niat Beli Generasi X, Y, dan Z.” Tesis. Surabaya: Institut Sepuluh November, 2017.

Setiawan, Ezekiel A. “Internet, intranet, extranet: pondasi e-business mendatang: perlu ditopang pengetahuan/kesadaran akan Internet Security.” Buletin Informatika. Vol. 4, No.1. Tahun 2015.

Setyadi, Rino. “Komunikasi Virtual: Sebuah Keniscayaan Masyarakat Teknologi.” http://komunikasi.us/index.php/course/4899-komunitas-virtual-sebuah-keniscayaan-masyarakat-teknologi. Diakses tanggal 15 Maret 2019 pukul 19:00 WIB.

Stanton WJ. Manajemen dan Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 1991.

Sutanto, Ryan Pratama. “Studi Kasus Website Gramedia sebagai Media Online untuk Membeli Buku.” NIRMANA. Universitas Kristen Petra Surabaya. Vol. 17, No. 1. Januari 2017.

Suryanto, Suryanto. PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PENERAPAN PEMINJAMAN MANDIRI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 5 MAGELANG. Publication Library and Information Science, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 31-39, aug. 2019. ISSN 2598-7852. Available at: . Date accessed: 07 dec. 2020. doi:http://dx.doi.org/10.24269/pls.v3i1.1690.

Swastha, Basu dan Hani Handoko. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE, 1982.

Thurau et. al.. “The Impact of New Media on Customer Relationships.” Journal of Service Research. Vol. 13, No. 3. Agustus 2010.

Tjipto, Fandy. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi, 1998.

Togamas. https://togamas.com/. Diakses tanggal 15 Maret 2019 pukul 19:16 WIB.

Turban, Efraim et al., Electronic Commerce 2018, Springer, Tahun 2018.

We Are Social. https://wearesocial.com/global-digital-report-2019. Diakses tanggal 11 November 2019 pukul 17:00 WIB.




DOI: https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v4i2.283-306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020



===========================================================================

Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo,
Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433

 

===========================================================================

Technical Support:

Email   : wiji.suwarno@gmail.com

Phone  : +62 819-1433-5525

 

View My Stats

Free counters!