Analisis End-User Computing Satisfaction pada Online Public Access Catalogue “Izylib” di Lingkungan Universitas Jenderal Soedirman
Abstract
Pada masa ini, dunia kepustakawanan mengalami masa transisi yang sangat besar terlihat dari sisi koleksi, sumber daya manusia, serta fasilitas fisik perpustakaan. Online Public Access Catalogue (OPAC) merupakan salah satu fasilitas penelusuran informasi yang diberikan untuk memudahkan temu kembali informasi di perpustakaan. Terdapat berbagai tampilan OPAC sesuai dengan software yang digunakan. Sejak tahun 2011 Perpustakaan di lingkungan Unsoed memberikan fasilitas OPAC Izylib. Meskipun demikian, sampai saat ini belum pernah dilakukan sebuah kajian mengenai kepuasan pemustaka terhadap pemanfaatan fasilitas tersebut. Kajian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan tipe deskriptif dengan model analisis end-user computing satisfaction. Tujuan penelitian ini menganalisis tingkat kepuasan pemustaka dalam memanfaatkan OPAC Izylib di lingkungan Unsoed. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pemustaka terhadap Online Public Access Catalogue “Izylib” di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman berada pada kategori puas ditunjukkan dengan nilai mean 92,26. Berdasarkan temuan tersebut pengelola perpustakaan khususnya tim TI hendaknya dapat melakukan evaluasi sehinga tingkat kepuasan pemustaka terhadap pemanfaatan OPAC meningkat menjadi sangat puas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifah, Fatimah Nur, Abidarin Rosidi, & Hanif Al Fatta. Evaluasi Kepuasan Pelayanan Pengguna Aplikasi OPAC Perpustakaan STIMIK AMIKOM Yogyakarta. Citec Journal 1 (1): 46-56
Bungin, Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif: komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik sderta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.
Dalimunthe, Nurmaini, & Cici Ismiati. 2016. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Online Public Acces Catalog (OPAC) dengan Metode EUCS studi kasus Perpustakaan UIN SUSKA Riau. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Informasi 2 (01): 71-75
Doll, W. J., Xia, W., & Torkzadeh, G. 1994. A confirmatory factor analysis of the end-usercomputing satisfaction instrument. MIS Quarterly, December, 453–461.
Doll, W. J., & Torkzadeh, G. 1988. The measurement of end-user computing satisfaction. MIS Quarterly, June, 259–274.
Sujarweni, V. Wiratna dan Poly Endrayanto. 2012.Statistika untuk Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu,
Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Torkzadeh, G.,&Doll, D. J. 1991.Test-retest reliability of the end-user computing satisfaction instrument. Decision Sciences, 22, 26–37.
DOI: https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v1i2.223-238
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pustabiblia: Journal of Library and Information Science
===========================================================================
Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga
Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo,
Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433
===========================================================================
Technical Support:Email : wiji.suwarno@gmail.com
Phone : +62 819-1433-5525