Efektivitas Pelatihan Literasi Kitab untuk Mendukung Studi dan Penelitian Mahasiswa Fakultas Ushuluddin,Adab dan Humaniora di Perpustakaan IAIN Salatiga dan IAIN Purwokerto

Ifonilla Yenianti

Abstract


Abstract

This research purpose to explore the level of effectiveness of Kitab literacy training program at IAIN Salatiga and IAIN Purwokerto. This research is a descriptive research with a quantitative approach. The sampling technique in this research was using non-probability sampling-purposive sampling technique. The research instrument used a questionnaire while the data collection technique was by filling out a questionnaire. Data were analyzed using descriptive techniques with percentages. The results showed that the effectiveness level of the kitab literacy training at IAIN Salatiga was 82.15% in the very effective category, as well as IAIN Purwokerto in the very effective category at 93.8%. And has contributed to the achievement of the objectives of kitab literacy training at both IAIN Salatiga and IAIN Purwokerto. However, the training still needs some improvement, mainly in the development of training materials, improving the model of trainers in delivering the material, extending the time for training publication / socialization, increasing practice time, good training time management, providing representative training media technology and an adequate internet networks, and development of digital kitab information systems.

 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pelatihan literasi kitab di IAIN Salatiga dan IAIN Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling-purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket sedangkan teknik pengumpulan data dengan pengisian angket. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Hasil Penelitian menunjukkan tingkat efektivitas pelatihan literasi  kitab di IAIN Salatiga sebesar 82.15% pada kategori sangat efektif, begitu juga  IAIN Purwokerto pada kategori sangat efektif dan sebesar 93.8%. Dan telah berkontribusi bagi pencapaian tujuan pelatihan literasi kitab baik di IAIN Salatiga  maupun IAIN Purwokerto. Namun, tingkat pelatihan yang sudah dicapai  masih perlu ditingkatkan, khususnya pada pengembangan materi pelatihan, memperbaiki model pelatih dalam menyampaikan materi,  memperpanjang waktu publikasi/sosialisasi pelatihan, penambahan waktu praktek, manajemen waktu pelatihan yang baik, menyediakan teknologi media pelatihan yang representatif dan jaringan internet yang memadai, dan pengembangan sistem informasi kitab digital.


Keywords


Kitab Literacy, Information Literacy, Training Effectiveness

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdin, Y. (2018). Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara

Amstrong, C. et.al. 2005. Defining Information Literacy for the UK. http://eprints.rclis.org/7459/

Indah Wijaya Antsari. (2017). Analisis Promosi Layanan Bookless di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Pustakaloka Jurnal Kajian Informsi dan Perpustakaan, Perpustakaan IAIN Ponorogo. Vol. 9 No. 2.

http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/pustakaloka/article/view/1088

_________________ (2017). Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Bookless di Perpustakaan IAIN Purwokerto, Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Perpustakaan STAIN Curup. Vol. 1 No. 1.

http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/TI/article/view/208

Badan Standardisasi Nasional. (2009). Standar Nasional Indonesia Perpustakaan Perguruan Tinggi 7330:2009. Jakarta.

http://perpustakaan.kemenkopmk.go.id/perpus/assets/kitchen/berkas/ebook/standar_nasional_indonesia_bidang_kepustakaan_dan_kepustakawanan1.pdf

Nurhadi, Mulyani A. Sejarah Perpustakaan Dan Perkembangannya Di Indonesia.

Yogyakarta: Andi Offset, 1983.

Dian Maisaroh, (2020). Literasi Kitab Kuning Pada Santri Pondok Pesantren Al-Muhsinin Desa Koto Petai Kabupaten Kerinci. Skripsi FUAH, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/3970/

Dirjen Pendis RI. (2020). Surat Edaran Direktur Pendidikan Islam No. 697/03/2020 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 657/03/2020 Tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 (Corona) di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

http://itjen.kemenag.go.id/sirandang/peraturan/5919-697032020-perubahan-atas-surat-edaran-direktur-jenderal-pendidikan-islam-nomor-657032020-tentan

Djarwanto. (1994). Pokok-pokok Metode Riset dan Bimbingan Teknis Penulisan. Skripsi. Yogyakarta : Liberty.

http://repository.uin-suska.ac.id/4127/8/em.pdf

Hartono, B. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Hendra Wicaksono dkk, (2016). Analisis Keterampilan Literasi Informasi Pustakawan Pusat Informasi Ilmiah di Lingkungan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Berdasarkan Model The Big 6. Lentera Pustaka 2 (I): 21-44,44.

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=The+big+6+kebutuhan+literasi&btnG=

Rachman Hermawan dan Zulfikar Zein. (2006). Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan Terhadap Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakarta : Sagung Seto.

http://darunnajah.ac.id/tiga-tugas-besar-ptkin-ptkis-di-indonesia/

http://diktis.kemenag.go.id

https://www.statistikian.com/2012/10/pengertian-populasi-dan-sampel.html

IAIN Salatiga. (2019). Buku Pedoman : Layanan Perpustakaan.Salatiga: UPT Perpustakaan IAIN Salatiga.

IAIN Purwokerto. (2020). Buku Pedoman : Layanan Perpustakaan. Salatiga: UPT Perpustakaan IAIN Purwokerto.

Ikbar Junakarta, dkk. (2018). Makalah Kriteria dan Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data, Jurusan PAI, FTIK IAIN Pontianak.

http://www.merekamgagas.web.id/2018/11/makalah-kriteria-dan-teknik-pemeriksaan.html

Urias Ibo. (2008) Pengembangan Koleksi Di UPT Perpustakaan Universitas Cendrawasih Papua. Bandung: FIKOM Universitas Padjajaran.

Kemenag RI. (2020). Surat Edaran Nomor SE. 5 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada Kementerian Agama. http://itjen.kemenag.go.id/sirandang/peraturan/5906-2-penyesuaian-sistem-kerja-pegawai-dalam-upaya-pencegahan-penyebaran-corona-virus-disease-2019-

Kirkpatrick, D.L. & Kirkpatrick, J.D. (2007). Implementing the Four Levels: a Pratical Guide for Effective Evaluation of Training Programs (1st ed). San Francisco: Berrett-Koehler Publisher.

Lalu Agus Satriawan, dkk. (2015). Pemetaan dan Analisis Kebutuhan Koleksi Referensi Perpustakaan IAIN Mataram. Libraria, 4 (2015). ISSN 2088-7310 http://repository.uinmataram.ac.id/246/

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik (1st ed.). Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

I. Malawy, (2017). Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Jawa Timur : Media Grafika.

Mufid dan Ari Zuntriana. (2016). Efektivitas Pelatihan ORS (Online Research Skills) untuk Mendukung Studi dan Penelitian Mahasiswa di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Al-Maktabah, Vol. 15 No. 1-10.

Mulyani A. Nurhadi. (1983). Sejarah Perpustakaan Dan Perkembangannya Di Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Soeatminah. (1992). Perpustakaan, Kepustakawan dan Pustakawan, cet 1, Yogyakarta: Karnisius.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sulistyo Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurhadi, Mulyani A. Sejarah Perpustakaan Dan Perkembangannya Di Indonesia.

Yogyakarta: Andi Offset, 1983.

Widjajanta, B. (2015). Efektivitas Penerapan Program Literasi Informasi di Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta: Studi tentang Penerapan Program Association of College & Research Libraries di Perpustakaan Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. http://e-journal.uajy.ac.id/7559/1/Skripsi0.pdf

Wiji Suwarno. (2016). Organisasi Informasi Perpustakaan: Pendekatan Teori Dan Praktik. Jakarta: Rajawali Press.

_____________(2016). Library Life Style (Trend dan Ide Kepustakawanan. Jogyakarta : Lembaga Ladang Kata.

_____________.(2010). Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Jogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Winata, A.P. & Djunaidi, A. (2005). Efektivitas Pelatihan Literasi Informasi. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=84464&obyek_id=4




DOI: https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v4i2.147-178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020



===========================================================================

Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo,
Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433

 

===========================================================================

Technical Support:

Email   : wiji.suwarno@gmail.com

Phone  : +62 819-1433-5525

 

View My Stats

Free counters!