MENGULIK SEJARAH MELALUI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN

wahyu setyaningsih

Abstract


 

 

Sejarah tanpa dokumen tidak akan mampu ditulis. Tempat penyimpanan dokumen adalah perpustakaan. Tujuan penulisan ini adalah pertama, mengetahui pentingnya perpustakaan dalam bidang sejarah; kedua, mengetahui bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan dalam bidang sejarah. Metode penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah pentingnya perpustakaan dalam bidang sejarah adalah sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Sejarah tidak bisa dikuak manakala tidak ada dokumen atau data yang diperoleh dari perpustakaan. Bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan dalam bidang sejarah adalah melalui koleksi perpustakaan. Adapun koleksi perpustakaan yang mendukung dalam penulisan sejarah yaitu karya cetak, karya noncetak, bahan grafika, dan karya dalam bentuk elektronik. Oleh karena itu, sejarah dan perpustakaan ibarat dua sisi mata angin yang tidak bisa dipisahkan.

 

 


Keywords


Kata kunci: perpustakaan, sejarah

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo, Andi Prastowo, Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional, (Jogjakarta : DIVA Press, 2012), , hal 57.

Aziza Nur Persia, Yuli Rohmiyati, ”Peran Perpustakaan Anak Di Rumah Sakit Kanker “Dharmais” Jakarta”, Jurnal Ilmu Perpustakaan Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013. Diakses pada http: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip diakses pada 16 November 2019 pukul 18.39 WIB.

Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Helsa, “Koleksi Perpustakaan”. Diakses pada http://pp.ktp.fip.unp.ac.id/ pada 17 November 2019 pukul 08.52 WIB

Joko Sayono. 2013. “Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis”, Sejarah Dan Budaya, Tahun Ketujuh, Nomor 1, Juni 2013. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Mustika Zahro, “The Implementation Of The Character Education In History Teaching” Jurnal Historica ISSN No. 2252-4673 Volume. 1 (2017) Issue.

Samsuddin, PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR Refleksi Sejarah Pada Masa Kejayaan Islam, Al-Kuttab Vol. 2 Tahun 2015. IAIN Padang.

Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat edisi 1. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

The liang gie. 1995. Cara Belajar Yang Efisien Jilid II. Yogyakarta: Percetakan Liberty.

Undang-Undang No. 43/2007 tentang Perpustakaan.

Wiji Suwarno. 2011. Perpustakaan dan Buku. Jogjakarta : Ar Ruzz Media.

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, diakses di https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/grafika, diakses pada 28 November 2019 pukul 10.31 WIB.




DOI: https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.205-222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019



===========================================================================

Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo,
Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433

 

===========================================================================

Technical Support:

Email   : wiji.suwarno@gmail.com

Phone  : +62 819-1433-5525

 

View My Stats

Free counters!